Minggu, 30 September 2012

Cara Membuat Toko Online dengan Menggunakan WordPress

Untuk dapat  membuat toko online buatan anda sendiri, Hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah sebagai berikut:
 Domain
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet dengan kata lain domain merupakan alamat url dari situs toko online yang akan kita buat
Hosting
Hosting atau biasa disebut sebagai web hosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data – data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Data web tersebut meliputi file – file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web.

Kepemilikan domain dan hosting dapat didapatkan secara gratis maupun berbayar. Banyak layanan yang menyediakan untuk mendapatkan kepemilikan domain secara gratis, seperti blogspot, wordpress. Secara garis besar terdapat perbedaan mendasar antara web hosting berbayar dan web hosting gratis:
a.      Web Hosting Gratis
Sistem manajemen hosting gratis biasanya dibuat untuk berbagai kepentingan, seperti memperkenalkan brand atau merk, sebagai ajang promo, menaikan trafik website, dll.

Kelebihan :
  • Anda tidak akan mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkannya
  • biasanya untuk klien yang belum mengerti pentingnya investasi demi kesuksesan websitenya
  • paket hosting gratis ini biasanya memiliki space dan bandwith yang besar, namun hal ini biasanya dilakukan server untuk menarik minat customer untuk menggunakan layanan hosting gratis mereka.
      Kekurangan :
  • Low support masalah problem web hosting
  • Adanya banner dan iklan di website Anda
  • Keamanan data tidak terjamin.

b.      Web Hosting Berbayar

      Kelebihan :
  • 101% supportnya bagus, jika Ada keluhan biasanya langsung ditanggapi- Adanya garansi uang kembali dalam kurun waktu tertentu
  • Adanya jaminan terhadap keamanan data Anda
  • Adanya kontrol dan akses penuh untuk pengelolahan website Anda
  • Anda memilih hosting berbayar tandanya Anda tipe orang yang serius dan mengerti pentingnya secuil investasi demi kesuksesan aset internet Anda

      Kekurangan:
  • Kekurangan web hosting berbayar adalah kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk medapatkannya.
  • Biasanya pihak server hanya menyediakan jasa transfer Bank untuk proses pembayarannya.

Bila Anda telah memiliki Domain dan hosting maka langkah selanjutnya adalah:
  •   Melakukan Instalasi WordPress
Setelah instalasi selesai dilakukan, selanjutnya sesuaikan tema toko online sesuai keinginan anda. Tema ini dapat diperoleh dengan gratis hingga yang berbayar

  • Mendapatkan Plugin Toko Online Dengan Mudah
Setelah instalasi wordpress, website anda memerlukan sebuah system (plugin) toko online, sehingga anda bisa dengan mudah menciptakan sebuah toko online karen sudah dibantu oleh system atau plugin tersebut.

  • Menyiapkan Isi Toko Online, System Pengiriman dan Hal Penting Lainnya
Salah satu yang kadang menghambat adalah saat pengisian barang alias list produk yang ingin anda jual pada toko online yang sudah anda buat. Siapkan juga system pengiriman yang akan anda lakukan ketika ada order, jangan lupa kalkulasikan berapa biayanya. Cek perlengkapan dan amunisi lainnya, sebelum anda merasakan pusing gara-gara kebanjiran order.

  • Melakukan Optimasi WordPress Dengan Mudah
Optimasi bisa anda lakukan dengan lebih mudah karena menggunakan wordpress, anda bisa melakukan dengan bantuan plugin SEO.

Berikut adalah review dari 5 contoh toko online di Indonesia:
1. http://www.wwmusik.com
Tampilan salah satu toko musik online terlengkap di malang ini cukup simpel dan tidak dipenuhi oleh banyak iklan sehingga memberikan tampilan yang nyaman bagi konsumen Toko ini menjual berbagai alat musik dan peralatan musik lainnya sound system, recording, DJ, karaoke & computer music. Selain memudahkan konsumen untuk melakukan belanja secara online, situs ini juga dapat memberikan informasi mengenai event atau diskon yang akan diadakan oleh W/W musik.

2. http://jaketkulit88.com
Toko online ini menawarkan jasa pembuatan jaket kulit domba asli Garut yang konon katanya merupakan jaket kulit terbaik karena bahnnya lembut dan empuk. Situs ini juga menampilkan sangat banyak jenis dan warna jaket kulit sehingga konsumen dapat mendapatkan banyak pilihan dalam memilih produk yang akan mereka pesan. Navigasi pada situs ini juga telah memudahkan konsumen karena daftar katalog untuk setiap jenis produk selalu ditampilkan di setiap laman. Cara pembayaran dapat dilakukan dengan transfer via bank dan terdapat formulir konfirmasi pemesanan pada situs ini untuk jaminan keamanan. Setelah prosedur pemesanan dan pembayaran selesai maka dan barang akan sampai ke tangan anda sekitar 4-10 hari.

3.  http://www.rodadua.net/
Bisa jadi ini termasuk toko online favorit para biker. RodaDua menjual berbagai macam keperluan para biker dengan kualitas “nomor satu” seperti helm, sarung tangan, jaket dan perlengkapan touring lainnya yang telah disajikan dalam setiap katalog. Setiap barang dapat ditampilkan jelas termasuk harga barang tersebut sehingga para konsumen dapat mengetahui secara detail dan mendapatkan informasi secara lengkap dengan barang yang mereka pilih. Toko ini juga telah menyediakan sistem pembayaran yang mudah dengan sistem transfer bank.

4.  http://www.rumahfarmasi.net
RumahFarmasi menyediakan berbagai macam vitamin, suplemen, herbal dari merek-merek ternama di Australia. Dengan jaminan  100% barang yang dijual asli buatan Australia, dan dikirim langsung dari Australia.Begitu pula dengan obat-obatan, semua  dapat dipesan secara online di Apotek online ini. Terdapat banyak navigasi pada halaman toko online ini karena terdapat banyak pula jenis obat yang dijual.

5. http://www.chocolatycakes.com
Merupakan toko kue rumahan online yang dapat menerima pesanan kue untuk wilayah Jabodetabek yang menggunakan bahan-bahan terbaik dan freshly made dengan detail hiasan yang bisa disesuaikan keinginan anda. Toko online ini menyajikan puluhan gambar dari berbagai jenis rasa dan desain kue yang mungkin dapat menjadi alternatif pilihan anda. Situs ini juga dapat dibilang “bersih” dari iklan-iklan promosi dari situs lain. Namun ini toko hanya menggunakan satu Bank saja untuk sistem pembayarannya


Berikut adalah review dari 5 contoh toko online Internasional:

1.  http://www.adidas.com
merupakan perusahaan manufaktur asal Jerman yang telah mendunia. Perusahaan ini  memproduksi berbagai perlatan dari berbagai macam cabang olah raga hampir di seluruh dunia. Situs toko online ini dapat dikatakan canggih karena setelah konsumen memilih produk yang akan dibeli, maka situs ini akan mencarikan toko terdekat dimana produk tersebut dijual dari posisi konsumen saat itu dengan menggunakan satelit yang dapat mengakses cabang adidas di seluruh dunia.

2.  http://www.bodybuilding.com
Situs ini menjual berbagai keperluan dalam bidang kebugaran khususnya bodybilding. Toko online yang menjual berbagai multivitamin ini dapat dengan mudah ditemukan bagi para pecinta body building karena situs ini memiliki indeks ranking yang tinggi untuk pencarian situs kebugaran. Situs ini juga menyajikan testimony dari para konsumen sehingga dapat lebih meyakinkan konsumen lainnya.

3. http://www.alpinestars.com/
Alpinestar merupakan salah satu branded terkemuka di dunia. Bahkan beberapa produknya biasa digunakan dalam beberapa ajang dunia, seperti balapan, motocross, dll. Karena kualitasnya terjamin, produk-produk alpinestar dibandrol dengan harga lumayan mahal. Meskipun begitu hal ini sepadan dengan kualitas yang akan Anda dapatkan. Situs ini juga menampilan video para pengguna produk alpinestars untuk menunjukkan kualitas produk ini.

4.   http://www.bridgestone.com/
Perusahaan penghasil ban yang telah teruji kualitasnya ini menawarkan berbagai jenis ban untuk keperluan sehari-hari maupun untuk digunakan pada ajang balap roda empat dan roda dua. Situs ini juga telah menyajikan informasi seputar kegiatan sosial perusahaan bridgestone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar