Minggu, 09 September 2012

Alasan Saya Mengambil Mata Kuliah E-Commerce


Sebenarnya alasan utama saya mengambil mata kuliah yang ditawarkan mulai semester 5 ini adalah untuk memenuhi jumlah sks saya yang masih kurang dari standar sks minimal untuk mengikuti ujian komprehensif yaitu 138 sks. Kurangnya jumlah krs tersebut baru saya sadari pada akhir semester 8 kemarin justru ketika penyusunan skripsi saya hampir selesai sehingga pada semester ini saya hanya membutuhkan satu mata kuliah tambahan untuk memenuhi standar  krs tersebut. Untuk dapat memenuhi standar sks minimal ini saya harus mengambil mata kuliah yang belum pernah saya ambil sebelumnya sehingga saya memilih mata kuliah e-commerce karena pada semester-semester sebelumnya mata kuliah ini belum pernah saya ambil.


(Ada beberapa alasan yang mendorong saya untuk memilih mata kuliah e-commerce dibandingkan mata kuliah pilihan lainnya. Mata kuliah ini saya anggap menarik karena pembelajaran pada mata kuliah ini adalah berupa praktek langsung dan hanya memerlukan sedikit teori atau terkadang tidak menggunakan teori sama sekali. Melalui mata kuliah ini, otomatis kemampuan mahasiswa dalam bidang teknologi informasi akan berkembang dan ini sangat dibutuhkan dalam era komunikasi seperti sekarang ini dimana segala informasi dapat diakses dengan cepat dan mudah melalui media internet.


Penggunaan e-commerce merupakan mata kuliah berbasis internet yang umumnya mempelajari cara berbisnis secara online ini, menurut saya semakin didukung dengan perkembangan teknologi seperti saat ini. Saat ini layanan internet semakin mudah untuk didapatkan dengan mulai dari munculnya zona free internet atau hotspot sampai dengan munculnya berbagai provider yang menawarkan berbagai kemudahan layanan internet sehingga menurut saya bisnis secara online ini akan dapat dengan mudah diakses oleh banyak orang. Mata kuliah e-commerce ini saya rasa dapat mengajarkan mahasiswa untuk dapat memanfaatkan internet sebagai media untuk membuka bisnis online yang akhirnya dapat meningkatkan produktifitas bisnis.


E-commerce membuat suatu bisnis menjadi lebih produktif karena, segala kegiatan komersil pada bisnis tersebut dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sehingga dapat menghemat waktu, tempat dan biaya karena segala kegiatan tersebut dapat dilakukan secara online dimana produsen dan konsumen tidak perlu bertemu secara langsung sehingga transakasi akan menjadi cepat dan mudah. Keunggulan utama dari bisnis yang dilakukan secara online yaitu dapat meningkatkan efisiensi biaya seperti biaya promosi, dan biaya penyewaan tempat. Konsumen pun dapat dengan lebih bebas memilih katalog dari produk yang ditawarkan secara online dengan pangsa pasar yang tidak terbatas karena seluruh pengakses internet dapat melihat produk yang ditawarkan dalam bisnis online tersebut.


Banyaknya masyarakat pengguna situs jejaring sosial juga dapat menjadi peluang dari bisnis online ini. Situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau kaskus yang awalnya berfungsi sebagai sarana komunikasi masa ini hampir setiap hari diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia. dengan e-commerce berbagai jenis jejaring sosial ini dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dengan biaya murah dibandingkan denngan menggunakan media promosi lainnya seperti melalui media cetak, televisi ataupun spanduk yang umumnya berbiaya tinggi. promosi melalui media jejaring sosial ini juga dapat memuat berbagi testimoni konsumen yang dapat memancing konsumen lainnya untuk mengakses situs bisnis online ini.


Menurut saya, mata e-commerce membekali mahasiswa untuk dapat malakukan bisnis online dengan baik yang dapat meningkatkan efisiensi modal usaha secara drastis dibandingkan melalui bisnis konvensional. Mulai dari membuat website dari bisnis yang akan dijalankan, pembuatan katalog, kegiatan promosi, sampai dengan transaksi akhir dengan konsumen yang keseluruhannya dapat dilakukan secara online. Bisnis secara online yang diajarkan melalui mata kuliah E-commerce ini saya harapkan dapat menjadi motivasi dalam membangun jiwa entrepreneurship mahasiswa untuk dapat berwirausaha secara mandiri atau bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri di tengah banyaknya pengangguran seperti saat ini.

twitter @trashultan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar